© GJ INFORMATIONS. Powered by Blogger.

Cara Sharing Windows Linux dalam lingkup 1 PC

Tuesday, September 11, 2012


  1. Untuk Windowsnya saya menggunakan OS windows 7 dan Linuxnya saya menggunakan OS Linux Debian 4 yang sudah diinstall di VMware (penginstallan linux model GUI).
  2. Berikutnya adalah tahap mensetting IP debian lewat terminal. Untuk masuk terminal klik AplikasiAksesorisRoot Terminal, lalu akan muncul pemberitahuan untuk memasukkan password root, masukkan password root misalnya "333" karena saat menginstall password root saya beri password "333"
  3. Jika sudah masuk di terminalketikan perintah ifconfig untuk mengecek IP Debian. Untuk mengubah IP Debian ketikan perintah nano /etc/network/interfaces kemudian enter dan ketikan di bawah "iface lo inet loopback", untuk IPnya terserah, tetapi harus satu jaringan, contoh:
    iface lo inet loopback

    auto eth0
    iface eth0 inet static
    address 192.168.1.3
    netmask 255.255.255.0
    network 192.168.1.0

    kemudian simpan dengan cara CTRL+X, lalu tekan Y kemudian Enter
  4. Restart network Debian yang telah disetting dengan ketikkan perintah /etc/init.d/networking restart
  5. Untuk sharing Windows-Linux kita membutuhkan software yang bernama samba, jika belum punya ketikan apt-get install samba (Untuk menginstall samba melalui internet) atau aptitude install samba (untuk menginstall samba melalui CD installer Debian).
  6. Langkah berikutnya adalah setting konfigurasi samba dengan ketikan perintah nano /etc/samba/smb.conf lalu enter. Pada Networking hilangkan tanda (;) di interfaces dan ganti nilainya menjadi interfaces=192.168.1.3/24 (sesuai dengan address pada /etc/network/interfaces).Pada Authentication hilangkan tanda (;) di security=user. Jika tidak mau menghapus settingan sambanya bisa ketikkan tanda # di depan tanda (;) dan buat lagi dibawahnya perintah yang sama dengan default tanpa tanda (;) dan sudah disetting.
  7. Pada bagian Share Definitions tepatnya dibawah profiles tabahkan perintah
    [SHARE]
    #vim /etc/samba/smb.conf
            path = /home/alfin
            browseable = yes
            writeable = yes
            valid user = alfin
            create mask =0600
            directory mask = 0700

    Tujuan dari perintah ini untuk membuat direktory/tempat file yang di sharing, tanpa perintah ini pun juga tidak apa-apa karena file sharing akan masuk ke home jika tidak dibuat.
    Kemudian tekan CTRL+X, lalu tekan Y kemudian Enter
  8. Restart samba yang telah disetting dengan ketikkan perintah /etc/init.d/samba restart
  9. Tahap selanjutnya adalah setting bagian windowsnya, klik Start→Control Panel→Network and Internet→Network and Sharing Center→Change Adapter Settings
  10. Klik kanan properties VMware Network Adapter VMNet 1, pilih Internet Protokol Version 4 (TCP/IPv4) lalu klik properties, centang Use the following IP address, pada kolom IP address masukkan IP terserah misal punya saya IP address : 192.168.1.4 dan di kolom Subnet mask : 255.255.255.0 lalu klik OK
  11. Kemudian ke setting  VMwarenya, klik Edit→Virtual Network Editor...
    →Klik VMnet1, ganti Subnet IP menjadi 192.168.1.0
        DHCP settings, ganti Start IP address menjadi 192.168.1.0 dan End IP address menjadi
        192.168.1.254
    →Klik VMnet8, hilangkan tanda centang (√) pada connect a host virtual adapter.
    Perhatikan Subnet IP tidak boleh sama karena tidak ingin terjadi error, jka sudah selesai klik OK
  12. Klik kanan icon Network Adapter di kanan bawah pilih settings, ganti settingannnya centang menjadi Custom: Specific virtual network lalu pilih VMnet1 (Host Only), kemudian klik OK
  13. Konekkan kembali Network Adapter dengan cara klik kanan connect, maka windows linux siap digunakan untuk sharing.
    PERHATIAN: Pastikan Firewall Windowsnya disable, untuk mendisable Klik Start →Control Panel →System and Security →Windows Firewall →Turn Windows Firewall on or off, lalu centang Turn off Windows Firewall pada Home or work (private) network location settings dan Public network location settings.
  14. Untuk sharing file Linux ke Windows, buat dahulu file dengan masuk terminal dan ketikan perintah nano. Lalu isi dengan isi terserah kemudian simpan dengan tekan CTRL+X, tekan Y, tulis nama file contoh : alfin.txt lalu Enter. Ingat format file harus disertahkan pada saat penulisan nama. Untuk mengeceknya di Windows tekan jendela+R lalu masukkan IP Linuxnya misal \\192.168.1.3 Jika muncul kotak dialog untuk memasukkkan password atur dulu settingannya di Linux dengan perintah smbpasswd -a alfin (alfin adalah nama user) lalu masukkan NEW SMB password dan Retype new smbpassword misal "333". Dan di kotak dialog diwindows tadi masukkan data sesuai dengan smbpassword, misal nama : alfin dan password : 333, dan share linux ke windows selesai.
  15. Untuk sharing file Windows ke Linux, pilih folder file terserah→klik kanan →pilih share with →pilih specific people, pada kolom Type a name pilih Everyone tekan Add, ganti Read menjadi Read/Write lalu klik Share, klik Done. Dilinuxnya klik Komponen →Menghubungi Server, ganti jenis layanan menjadi Share Windows, di kolom Server ketikkan IP Address VMware Network Adapter VMnet 1 misalnya 192.168.1.4, klik Sambung!!! Good Luck (^__^)

No comments:

Post a Comment

 

Cari Artikel

Translate

My Twitter

Sumbangan Sukarela

Anda Pengunjung Ke:

free counters

Pesan & Kesan


GJ Lovers