© GJ INFORMATIONS. Powered by Blogger.

Profil - Biografi Bondan Prakoso & Fade2Black

Sunday, February 3, 2013



Salam Respect 2 Jari \V/ para Rezpector diseluruh dunia, kali ini saya akan posting tentang grup band favorite saya yaitu Bondan Prakoso & Fade2Black #RUFA

Bondan Prakoso & Fade2Black merupakan kolaborasi musikal antara Bondan Prakoso (musisi, bassis) dan Fade2Black (grup rap beranggotakan Titz, Santoz dan Lezzano). 

Pada tahun 2004 Bondan berniat membuat proyek musik yang menggabungkan berbagai jenis musik ke dalam sebuah bentuk musik baru. Dia lalu mengajak Titz, seorang rapper yang merupakan teman satu kampusnya di Universitas Indonesia untuk bergabung. Namun Titz merasa kalau band ini akan semakin kuat jika grupnya, Fade2Black, turut bergabung. Akhir tahun 2004 Bondan & Fade2Black mulai melangkah ke dapur rekaman. 

Mereka pun menciptakan beberapa lagu dengan sentuhan Rap, Rock, dan Funk. Bondan Prakoso bertanggung jawab di sisi instrumen, looping dan aransemen, sedangkan Fade2Black menggarap lirik lagunya. 

Proses ini hanya berlangsung 4 bulan, dan pada bulan Agustus 2005 album perdana mereka yang bertajuk “RESPECT” resmi dirilis di bawah naungan Sony BMG Music Indonesia. Album tersebut diwarnai berbagai jenis musik dengan rap sebagai vokal utama, dengan ditimpali suara Bondan yang turut menghiasi beberapa lagu. Dengan album bermaterikan 12 lagu itu, Bondan Prakoso & Fade2Black pun menuai beragam prestasi, diantaranya adalah Best Rap Album Production dalam Indonesian Music Award 2006.

 Album kedua mereka, “UNITY” dirilis pada bulan November 2007. Album yang menjagokan lagu “Keroncong Protol” ini semakin memantapkan posisi Bondan Prakoso & Fade2Black sebagai band yang kreatif dan mampu menciptakan sesuatu yang berbeda. Berkat album ini mereka kembali meraih penghargaan Best Rap Album Production dalam Indonesian Music Award 2008.



SEJARAH


Mengapa Bondan Prakoso & Fade2Black?

Ini adalah proyek musik kolaborasi antara musisi, bernama Bondan Prakoso dan grup hiphop Rap, Fade2Black; para anggota Titz, Santoz, Lezzano.

Pada awal tahun 2002, Bondan Prakoso yang juga dikenal oleh masyarakat sebagai pemain bass berbakat besar, yang juga mantan pemain bas dalam band bernama Stream Funk Funky Kopral, dan Tito alias Titz yang dikenal sebagai rapper dan kelompok disebut Fade2Black, sering berbagi pemikiran dan gagasan mereka kepada setiap orang lain tentang musik. Mereka berdua datang dari latar belakang yang berbeda dari musik, Bondan Prakoso lebih mungkin di Funk dan Rock musik dan Titz di Rap / Hiphop. Ini pasangan dari 2 kampus Fakultas Budaya dan Humaniora, deepin 'dalam sastra Belanda, adalah teman-teman di kampus Universitas Indonesia, Depok.

Pada akhir 2003, karena kebutuhan dan keinginan dalam mengakui musik semakin lebih matang, lebih dalam dan kebebasan dalam menciptakan seni ini, Bondan Prakoso memutuskan untuk melangkah lebih jauh ketika ia memutuskan untuk pensiun dari band mereka sebelumnya, Funky Kopral.

2004 adalah tahun di mana Bondan datang dengan sebuah ide untuk menggabungkan suatu jenis musik yang berbeda dan menggabungkan mereka dalam bentuk paket baru musik, seperti pada pertengahan tahun, ia telah meminta Titz untuk bergabung dalam proyek musik. Titz berpikir bahwa akan lebih kuat dengan kelompoknya bergabung masuk.

Situasi menjadi semakin varietas dan lebih berwarna-warni sebagai Bondan disetujui untuk melibatkan grup Hiphop ini dari Bogor, Fade2Black, dalam proyek ini. Alih-alih hanya 1 rapper, proyek musik ini menggabungkan 3 rapper, Titz, Santoz dan Lezzano.

Fade2BlackBy akhir 2004, mereka mulai melangkah lebih jauh dengan proyek ini dan menciptakan berbagai jenis musik sedikit pun sentuhan Rap, Rock, Funk sebagai elemen. Bondan Prakoso bertanggung jawab untuk instrumen musik, memutar, dan mengatur, sementara fade2Black mendapatkan lebih dekat dengan liriknya.

Proses mengambil hanya 4 bulan untuk menyelesaikan dan pada bulan Agustus 2005, mereka 1 album dengan judul "MENGHORMATI" dirilis di bawah Sony BMG Music Indonesia. Sejak itu, album yang berisi tidak hanya 1 jenis musik, tetapi banyak jenis musik dengan rap sebagai vokal dasar, oleh TITZ, SANTOZ LEZZANO, sedangkan di lagu-lagu lain juga bergabung BONDAN pada vokal dalam bernyanyi.

Dengan sepotong seni, mereka berhasil menerima kontribusi dan penghargaan, seperti:
- MTV Indonesia Exclusive seniman pada bulan November, 2005
- MTV Advance Warning penghargaan pada bulan November, 2005
- Indonesian Music Award 2006, sebagai yang terbaik produksi album Rap.

Sekarang tahun 2008, mereka siap untuk memecahkan Industri Musik Indonesia dengan mereka yang lebih keras, impulsif, bentuk musik yang inovatif. Dengan album baru mereka yang terbaru, bernama PERSATUAN, dan dengan satu terobosan mereka memukul, Keroncong PROTOL.

Dengan debut baru ini dari album kedua mereka, mereka telah memenangkan Indonesian Music Award 2008 untuk kedua kalinya berturut-turut untuk album Rap terbaik Produksi.
Memasuki Akhir Tahun 2007 Bondan Prakoso & Fade2Black tetap gencar melakukan Promo Album dibeberapa Stasiun Radio Di Indonesia, Alhamdullilah Promo Radio Lancar N’ Banyak sekali Penggemar yang antusia dengan Kehadiran dari Album Terbaru Bondan Prakoso & Fade2Black ber tajuk “UNITY”

Hadirnya Bondan Prakoso & Fade2Black di Album Kolaborasi kedua ini, secara tidak langsunng ingin menunjukan Eksistensi mereka didunia tarik suara kepada masyarakat pencinta musik Indonesia, bahwa musik mereka memang beda dari yang lainnya, tidak asal ikut-ikutan saja.. istilah lain mengekor.. mereka berani melawan arus demi sebuah prinsip bermusik A.K.A Idialisme.

Sebuah jenis musik tradisionil bernama kroncong ala Gesang di usung oleh mereka dengan perpaduan Rock N’ Hip Hop ala Bondan Prakoso & Fade2Black.. sudah bisa dibayangkan tentunya.. wal hasil “Kroncong Protol” pun jadi kehadiran kita, sungguh sangat memuaskan penggemar.. so guys.. Bondan Prakoso & Fade2Black sudah selayaknya diberikan penghargaan yang pantas untuk hal yang satu itu.


REZPECTOR


Nama Rezpector, diambil dari kata Respect yang artinya menghargai, menghormati, toleransi.
Rezpector adalah orang yang saling menghargai dan menghormati satu sama lain tanpa memandang perbedaan agama,status sosial, kesukuan, ras, keturunan, kebangsaan dengan menjalin persatuan dan kesatuan diantara para pecinta musik khususnya musik Indonesia.


Atas pertimbangan tersebut maka Rezpector Foundation perlu dibentuk guna kelestarian silaturahmi diantara para penggemar musik baik anggota Rezpector pada khususnya, serta kemungkinan kemanfaatannya bagi kepentingan masyarakat luas pada umumnya.
Selain dari pada itu Rezpector dibentuk untuk mempermudah kedekatan antara artist maupun musisi dengan para penggemarnya serta bisa menjalin keakraban antar rezpector-rezpector lain.


Sebagai apresiasi untuk para REZPECTOR (sebutan bagi para fans BF2B: Bondan Prakoso & Fade2Black),di album kedua,Bondan menciptakan sebuah lagu khusus untuk mereka yang juga diberi judul "REZPECTOR".


Inilah lirik lagunya:

Aku adalah Rezpector
Dua jariku Rezpect untukmu
Aku adalah Rezpector
Love and Rezpect senjataku
Aku datang dengan cinta
Aku dan kau sama satu rasa
Aku adalah Rezpector
Love and Rezpect senjataku

Beragam individu berjuta jiwa
Bermacam bahasa ribuan cinta
Yang ini untuk anda atas nama kami
Yang telah terukir matang dengan pasti
Di Rezpect and Unity
Dua jari sama dengan ribuan makna
Kau angkat jari tengah itu lain cerita
Yang ini untuk anda atas nama kami
Yang telah terukir matang dengan pasti
Di Rezpect and Unity

Kuberikan rasa cinta
Untukmu yang di sana
Kupastikan semua tetap tercipta
Agar kau kan bahagia
I believe you and me
Will be as you see and be who you are

Aku adalah Rezpector
Dua jariku Rezpect untukmu
Aku adalah Rezpector
Love and Rezpect senjataku
Aku datang dengan cinta
Aku dan kau sama satu rasa
Aku adalah Rezpector
Love and Rezpect senjataku


Biografi Band, Fans & Personil

A.          Biografi Bondan Prakoso & Fade2Black:


· Terbentuk Tanggal : 20 Agustus 2005
· Genre : NON GENRE!!! blend of Rap, rock, heavy metal, keroncong, cha-cha, Jazz, Lounge, Ballads, reggae, ska, big bands, funk and many more
· Tempat : Bogor – Jakarta
·  Perusahaan Rekaman : Sony Music Entertainment Indonesia
·   Personil :-Bondan Prakoso a.k.a Mr. B --Bassist, Programmer, Arranger, Vocalist
                    -Tito Budidwinanto a.k.a TitzG -- Rappin' Rhyming, Human Beatbox, Lyricist
                    -Ardaninggar Nazir a.k.a Santoz -- Rappin' Rhyming, Lyricist
                    -Danial Rajab Fahreza a.k.a Lezzano -- Rappin' Rhyming, Lyricist

B.          Biografi Rezpector:


·   Terbentuk Tanggal : 23 Agustus 2005
·   Tempat : Jakarta
·  Visi & Misi : Untuk menyatukan para Fans Bondan Prakoso & Fade2Black Se Indonesia dengan keragaman dan kesatuan.

C.          Biografi Personil:

1.   Bondan Prakoso (Mr.B):


·        Nama Lengkap : Bondan Prakoso
·        Nama Panggilan : Mr. B
·        Tanggal Lahir : 08 Mei 1984
·        Anak ke : 2 dari 3 bersaudara
·        Nama Ibu : Lili Yulianingsih
·        Nama Bapak : Sisco Batara
·        Istri : Margareth
·        Agama : Islam
·        Pendidikan : Lulusan D3 Sastra Belanda UI
·        Pekerjaan : Musisi, Produser, Bassist, Programmer, Arranger, Vocalist
·        Hobby : Musik, Membaca, Menonton Film
·        Musisi/Band Favorit : Les Claypool (Primus), Muse, Dave Mathews Band
·        Referensi Buku : Huru Hara Kiamat, Jangan Bersedih.
·        Makanan Favorit : Chicken Teriyaki, Nasi Goreng Hati/Pete, Chicken Soup.
·        Minuman Favorit : Air Mineral
·        Diskografi:

:: 1988-1995
8 ALBUM CHILD SINGER
Singer

:: 1999-2001
2 ALBUM WITH FUNKY KOPRAL
Bassis,Music Producer
Universal Music Indonesia
Group Alternatif terbaik AMI SHARP AWARD 2001

:: 2002
1 ALBUM COLABORATION SETIAWAN DJODY FEAT 
FUNKY KOPRAL
Bassis
AIRO RECORD
Kolaborasi Rock Terbaik AMI SHARP AWARD 2003

:: 2005
BONDAN PRAKOSO & FADE 2 BLACK 
ALBUM : RESPECT 
Producer,Composer,Arranger,Singer,Bass&Guitar 
and All Instrument
Sony BMG 

:: 2006 
BASS HEROES (13 Top Bass Player Indonesia) 
Bondan Prakoso,Thomas “gigi”,Rindra “padi”,
Bongki “bip”,Ronny “cokelat”,Adam “so7”,Indro,
Bintang,Iwan Xaverius,Ari Firman,Arya,
Barry likumahua,Nissa “Omllete”
Sony BMG
Break The Record MURI (Museum Record Indonesia)
Penampilan Bassis terbanyak dalam satu panggung

:: 2007
BONDAN PRAKOSO & FADE 2 BLACK 
ALBUM : UNITY 
Producer,Composer,Arranger,Singer,Bass&Guitar 
and All Instrument
Sony BMG

:: 2010
BONDAN PRAKOSO & FADE 2 BLACK 
ALBUM : FOR ALL 
Producer,Composer,Arranger,Singer,Bass&Guitar 
and All Instrument
Sony BMG 

:: 2012
BONDAN PRAKOSO & FADE 2 BLACK 
ALBUM : RESPECT & UNITY FOR ALL 
Producer,Composer,Arranger,Singer,Bass&Guitar 
and All Instrument
Sony BMG 

 
2.   Tito Budidwinanto (TitzG):


·          Nama Lengkap : Tito Budidwinanto
·          Nama Panggilan : TitzG
·          Tanggal Lahir : 10 November 1981
·          Pekerjaan : Rappin’ Rhyming, Human Beatbox, Lyricist

3.   Ardaninggar Nazir (Santoz):


·          Nama Lengkap : Ardaninggar Nazir
·          Nama Panggilan : Santos
·          Tanggal Lahir : 17 April 1982
·          Pekerjaan : Rappin’ Rhyming, Lyricist


4.   Danial Rajab Fahreza (Lezzano):


·          Nama Lengkap : Danial Rajab Fahreza
·          Nama Panggilan : Lezzano
·          Tanggal Lahir : 04 Mei 1983
·          Pekerjaan : Rappin’ Rhyming, Lyricist

ALBUM

·       RESPECT (2005) :


1. Respect
2. Please Dong Ahh! (Feat. Rio Sahardja)
3. Bunga
4. Feel's Like Home
5. Hidup Berawal Dari Mimpi
6. Siapa
7. Realistic
8. It's All About Soul (Feat. Rio Sahardja)
9. Stay On The Line
10. Jazzy Tringual (Feat. Rio Sahardja)
11. 1234
12. Cahya Cinta Sejati

·       UNITY (2007):


1. Keroncong Protol
2. Xpresikan
3. Kau Puisi
4. Gusti Dewata Mulia Raya
5. Rock On The Beat
6. R.I.P (Rhyme In Peace)
7. Unity
8. Waktu
9. U'll Sorry
10. Rezpector
11. Last But Not Least
12. Wrong Way
13. Microphone XXX

·       FOR ALL (2010):


1. Ya Sudahlah
2. Good Time
3. Tetap Semangat
4. Sang Juara
5. Bumi ke Langit
6. Not With Me
7. S.O.S (Save Our Soul)
8. For All
9. Terinjak Terhempas
10. Kita Selamanya
11. Tidurlah

·       RESPECT & UNITY FOR ALL (2012):


     1. Respect & Unity For All
2.Tak Terkalahkan
3. Tak Sempurna
4. Pelita Hidup
5. Manusia Sejuta Perkara
6. Cahaya Sejati
7. Game Of Life
8. It's Not A Goodbye
9. Bring It
10. Home







No comments:

Post a Comment

 

Cari Artikel

Translate

My Twitter

Sumbangan Sukarela

Anda Pengunjung Ke:

free counters

Pesan & Kesan


GJ Lovers