© GJ INFORMATIONS. Powered by Blogger.

Cara Menghapus Direktori Dan Seluruh Isinya Di Linux

Saturday, October 26, 2013


Pada kesempatan kali ini saya mau membahas yang ringan-ringan saja tapi sangat bermanfaat yaitu menghapus direktori beserta seluruh komponen/isi di dalamnya. Ya sebelum praktek tak ada salahnya saya membahas pengertian direktori terlebih dahulu.

Apa itu direktori??? Perlu diketahui Direktori adalah komponen dari sistem berkas yang mengandung satu berkas atau lebih atau satu direktori lainnya atau lebih, yang disebut dengan subdirektori. Batasan jumlah berkas atau subdirektori yang dapat ditampung dalam sebuah direktori tergantung dari sistem berkas yang digunakan, meskipun sebagian sistem berkas tidak membatasinya (batasan tersebut disebabkan ukuran media penyimpanan di mana direktori berada). Sebuah direktori yang mengandung satu direktori atau lebih disebut sebagai parent directory dari direktori-direktori tersebut, dan setiap direktori yang dikandung di dalam direktori disebut sebagai child directory. Struktur direktori seperti ini lazim disebut sebagai struktur hierarkis direktori, atau sering juga disebut sebagai pohon direktori. (WIKIPEDIA).



Nah setelah mengetahui pengertian direktori perlu diketahui pada Linux untuk menghapus sebuah direktori anda bisa menggunakan perintah rmdir, tetapi bagaimana jika direktori itu tidak kosong. Misalkan :
[alfin@alfin ~]$ mkdir musik
[alfin@alfin ~]$ rmdir musik
tentu akan berjalan dengan sukses, tetapi jika
[alfin@alfin ~]$ mkdir musik
[alfin@alfin ~]$ touch musik/metal
Ketika kita ingin menghapus direktori tersebut dengan perintah rmdir, akan muncul error
[alfin@alfin ~]$ rmdir musik
rmdir: musik/: Directory not empty
Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa mengosongkan direktori tersebut baru menjalankan rmdir (iya kalau sub direktorinya cuma 1 atau 2 bagaimana kalau sub direktorinya 10, mau menghapus satu persatu???) nah untuk mengatasinya  kita bisa menggunakan perintah rm dengan opsi -rf.
[alfin@alfin ~]$ rm -rf musik
Tidak akan muncul error. opsi -r memberikan perintah rekursif terhadap rm sehingga direktori musik dan seluruh isinya akan dihapus, sedangkan opsi -f membuat rm tidak akan memunculkan konfirmasi penghapusan dan langsung melakukan penghapusan direktori musik berserta isinya baik berupa file maupun direktori lain.

12 comments

 

Cari Artikel

Translate

My Twitter

Sumbangan Sukarela

Anda Pengunjung Ke:

free counters

Pesan & Kesan


GJ Lovers