© GJ INFORMATIONS. Powered by Blogger.

Belajar Bass Guitar

Friday, November 15, 2013

gear4music-electric-g-4-bass-guitar-blue.jpg (600×600)

Orang yang bisa bermain gitar pasti bisa bermain bass, tetapi orang yang bisa bermain bass belum tentu bisa bermain gitar (Nyindir diri sendiri...Hahaha :D) Tapi memang begitulah kenyataannya. Teori tersebut memang benar sih karena menurut pengalaman kunci nada (chord), teknik permainan jari, dan struktur bass lebih mudah serta tidak ribet seperti gitar.

Jadi untuk kalian yang ingin jadi gitaris tapi skillnya kurang bisa kalian coba pindah profesi jadi bassis!!! Wuih jangan meledek dan berkecil hati jadi bassis ... karena bermain bass itu tak kalah asik dan menarik dari bermain gitar. Contoh bassis profesional Indonesia yang terkenal favorit saya yaitu Bondan Prakoso, dia keren kan apalagi dengan BASS HEROES INDONESIA bersama bassis-bassis profesional Indonesia lainnya.

“Bass adalah element penting dalam suatu komposisi musik. Tanpa bass musik terasa kosong” (Bondan Prakoso, Bass Heroes Indonesia.)
"Perempuan banyak yang suka sama pemain bass" (Suckseed)


Berikut daftar nama 13 Bass Heroes Indonesia yang terkenal.

Thomas Ramdan (Gigi)


Arya Setyadi


Barry Likumahuwa


Bongky (BIP)


Bondan Prakoso


Bintang Indrianto


Adam (S07)


Rindra (Padi)


Nissa Hamzah (Omellete)


Iwan Xaverius


Indro Hardjodikoro


Ari Firman


Ronny (Cokelat)



Bagaimana tertarik bermain bass dan ingin jadi bassis profesional??? :D
Pada dasarnya bass adalah salah satu alat musik yang menentukan tempo dalam bermain musik, menjaga agar gitar dan vokal tetap konstan pada tempo yang telah ditentukan.

Fungsi Bass :

  • Bass berfugsi sebagai penentu dan pemandu chord yang sedang dimainkan dalam setiap pergerakkan lagu.
  • Bass juga berfungsi sebagai pengiring musik, yang mana fungsi ini berbagi dengan pemain drum.
  • Bass juga bisa menghubungkan antara pemandu (gitar dan keybooard/piano) dengan pengiring (drum) sehingga menjadi kesatuan yang harmonis.
Teknik Bermain Bass :

1. Alternate Picking
Teknik ini yang paling sering digunakan oleh para bassis, karena alternate picking sebenarnya adalah teknik dasar dalam bermain bass. Caranya: memetik bass dengan menggunakan dua jari secara bergantian, umumnya sih pakai jari telunjuk dan jari tengah. 


2. Up Down Thumb
Dalam teknik ini kita gunakan jempol kita sebagai pick, sedang keempat jari-jari yang lain kita pakai buat memetik, mirip kayak bermain gitar lah… Jadi kalo biasanya kita menggunakan telunjuk dan jari tengah buat metik bass (alternate picking) maka dalam teknik ini kita ganti dengan jempol.


3. Slapping
Teknik menampar pada bass. Jadi memainkan bass dengan cara memukul bass dengan jempol atau telapak tangan, dan bunyi yang dihasilkan jadi kayak perkusi gitu. Si om Flea bassisnya Red Hot Chilli Peppers yang biasanya suka pakai teknik ini

4. Popping
Teknik menarik senar dengan jari lalu dilepas lagi hingga beradu dengan fret, jadi suaranya nyaring kayak dua benda yang diadu. Biasanya kita bisa gabungin teknik slapping dan popping, ntar kombinasi suaranya jadi unik. Ada juga teknik popping dengan menarik dua senar sekaligus yang disebut double pluck.


5. Tapping
Teknik ini biasa digunakan pada gitar, tapi ngebasspun bisa pake teknik ini. Caranya: tekan senar dengan ujung jari ke fret bass lalu geser sedikit jari kayak lagi mencolek.


6. Neck Bending 
Kalau dalam gitar kita mengenal teknik bending yaitu mengangkat senar dengan ujung jari, tapi kali ini kita lakuin itu pada bass. Caranya: pada saat kita memetik, tekan senar yang ada pada headstock (pada ujung bass yang biasanya tempat kita menyetem), ntar bunyi yang dihasilkan seperti mendengung. Pak Billy Sheehan bassisnya Mr. Big sering pake teknik ini.

cara-bermain-bass.jpg (454×341)

Perhatikan posisi tangan, gunakan power pada pergelangan tangan, jangan pada lengan. Ingat, sering-seringlah melakukan senam jari buat pelemasan dan fingering agar gak terjadi cedera pada jari.

Kunci Bass

Sebelum mulai mencobanya ada baiknya kamu sudah memiliki alat musik ini terlebih dahulu atau paling tidak  gitar ,lalu apa hubungannya? ada, caranya adalah dengan menggunakan empat senarnya mulai dari atas namun jangan terlalu sering menggunakan metode kedua karena meski nadanya sama tetapi ukuran fret keduanya sangatlah berbeda serta suara yang dihasilkan mempunyai karakter khas berbeda.

 





Keterangan :
merah : senar
perhatikan letak fret di sampingnya


bagaimana sekarang sudah paham kan?  oh ya sebenarnya beberapa contoh  di atas merupakan pengembangan dari Kunci Tegak yang terdapat pada gitar dimana hanya diambil posisi akkord paling atas. Akan Menjadi sebuah keuntungan telah mempelajari sebelumnya karena pastinya akan cepat mahir ketika memainkan bass. Apakah harus dihafalkan ? tidak juga sehingga cukup dimengerti susunannya saja , gambar bawah  adalah contoh singkatnya

jika ingin memperbesar bisa di klik maka secara otomatis akan menjadi terlihat jelas
memang pada awalnya akan terasa sulit sekali namun teruslah berlatih atau akan lebih baik lagi luangkan waktumu satu jam dalam sehari khusus untuk mempelajari secara khusus . Lakukan terus selama sebulan dan rasakan manfaat hasilnya. Selain itu , bisa juga melalui youtube dimana disana akan banyak dijumpai video tentang tutorial musik sehingga bisa dinikmati secara streaming.

Cara Praktis Menghafal Kunci Bass

Bagi yang kesulitan menghafalkan letak kunci/nada bass tenang saja ,karena di postingan ini akan saya berikan tipsnya. oke langsung saja disimak penjelasan dibawah ini ....

langkah 1
Kamu cukup hafalkan kunci-kunci yang ada di fret 1-7 pada dua senar paling atas berikut, bagaimana dengan dua senar di bawahnya? tenag aja, simak dulu penjelasan saya berikut ini.
silahkan klik untuk memperbesar gambar

langkah 2
Perhatikan  gambar dibawah , lihatlah kesamaan pola susunan nada dua senar berikut ini. Adakah kesamaan? ya, mulai dari fret 3 dan seterusnya memiliki pola susunan nada/kunci yang sama dengan senar yang atas. Jadi kamu tidak perlu repot-repot untuk menghafal letak nada/kunci yang ada di senar sebelah bawah karena kamu cukup tahu polanya bahwa mulai dari fret 3 dan seterusnya nada/kuncinya pasti sama dengan senar yang atas. 

silahkan klik untuk memperbesar gambar 


langkah 3
sama seperti langkah diatas yaitu amati dua senar berikut ini, adakah kesamaan? sama seperti penjelasan sebelumnya yaitu mulai dari fret 3 dan seterusnya memiliki pola susunan nada/kunci yang sama dengan senar yang atas.

silahkan klik untuk meperbesar gambar 


langkah 4
langsung praktek sobb..., karena kalau cuma dihafal tetapi tidak di praktekkan akan percuma. Dan yang terpenting bukanlah kamu hafal semua kunci bass, tetapi yang terpenting adalah hafal pola-pola tersebut.

lho kak, kalau ada kunci yang sama bingung mau pakai kunci yang mana?tenang saja dek, bebas dipilih  salah satu kok, perbedaanya hanyalah semakin letak senarnya berada di bawah maka nada yang dihasilkan akan semakin tinggi.Untuk bass biasanya dua senar bagian atas untuk memainkan kunci/nada standar sedangkan dua senar di bawahnya untuk memainkan variasi kunci/nada.

Belajar Bass Dengan Menggunakan Gitar

Bermain bass dengan menggunakan gitar, emang bisa ya? menurut saya jawabannya adalah bisa banget karena dulu saya sering belajar bass dengan menggunakan gitar. Memang sih pada awalnya terkesan agak ribet apalagi kita harus menyesuaikan antara fret-fret gitar bass yang besar dengan fret-fret gitar yang kecil. Nah bagi yang hobinya ngeband dan menjadi bassist tapi tidak mempunyai bass sendiri mungkin cara tersebut boleh dicoba ,asalkan mempunyai gitar akustik di rumah. Oke langsung saja di bawah ini akan saya bahas ....

1. Pastikan kamu mempunyai gitar akustik terlebih dahulu, kalau gak punya  pinjem juga boleh

2. Jika ingin menggunakannya untuk bermain bass, gunakanlah 4 senar paling atas pada gitar


3. Oke ini dia susunan nada pada fret gitar (silahkan klik untuk memperbesar )

4. Dan ini susunan nada pada fret bass(silahkan klik untuk memperbesar gambar)


5. Coba bandingkan antara nada-nada 4 senar paling atas gitar dengan nada-nada bass?
   silahkan klik untuk memperbesar gambar



6. Bagaimana ,sama persis kan dengan kunci yang ada di bass?

Bagaimana? mungkin menggunakan gitar untuk bermain bass merupakan solusi terbaik bagi kamu yang belum mempunyai bass sendiri di rumah (kurang lebih seperti saya). Tapi yang perlu diingat bahwa ,jangan terlalu sering menggunakan gitar untuk belajar bermain bass karena pasti akan kesulitan saat memainkan bass yang sesungguhnya, hal ini dikarenakan fret-fret yang ada di bass relatif lebih besar jika dibandingkan dengan fret-fret yang ada di gitar. Dan yang perlu diingat bahwa cara ini hanya berlaku untuk bass yang memiliki 4 senar sehingga apabila diaplikasikan ke bass yang memiliki lebih dari 4 senar maka tidak akan bisa.

Sekian yang dapat saya sampaikan, selamat belajar bass dan jangan bosan-bosan untuk latihan!!!

Sumber:
http://www.artikelmusik.com
http://lukman-jefri14.blogspot.com
http://www.nanatan.com
http://rinaldiy.blogspot.com




15 comments

  1. Salam kenal semua, bagi penggemar bass yg ingin mengasah permainan bass secara lengkap silahkan klik www.belajarmainbass.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga gan.
      Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar :)

      Delete
  2. Terimakasih Om :-) saya jadi lebih mudah buat belajar Bass

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama gan, terus semangat belajar bass nya.
      Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar :)

      Delete
  3. thanks om :) smoga bermafaat buat yg lain nya juga yg buka acoont ini .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome, terus semangat belajar bass nya.
      Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar :)

      Delete
  4. Cuma butu waktu 1 jam.. aku langsung ngerti.. tapi aku ga tau caranya untuk ngiringin pake lagu masi bingung om... tolong di bantu yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren gan, kalau mau belajar iringin lagu coba agan belajar sambil dengerin lagu, nanti agan petik bass nya sesuai tempo dari suara bass drum. Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar :)

      Delete
  5. Cuma butu waktu 1 jam.. aku langsung ngerti.. tapi aku ga tau caranya untuk ngiringin pake lagu masi bingung om... tolong di bantu yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren gan, kalau mau belajar iringin lagu coba agan belajar sambil dengerin lagu, nanti agan petik bass nya sesuai tempo dari suara bass drum. Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar :)

      Delete
  6. Replies
    1. Wah sih agan malah promosi hahaha :D
      Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar :)

      Delete
  7. Wah sih agan malah promosi hahaha :D
    Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar :)

    ReplyDelete
  8. terimakasih informasinya Gan, saya belajar pake gitar akustik dulu karena diajak temen maen keroncong, hiks...belum ada budged utk beli gitar bass.

    ReplyDelete

  9. Britania Bekasi merupakan proyek perumahan yang dikembangkan oleh Mas Group. Britania Bekasi mengusung konsep hunian bergaya Eropa dengan fasilitas yang mewah dikelasnya dan juga kualitas bangunan terbaik.

    Fasilitas :
    - Club House
    - Swimming Pool
    - Jooging Track Area dan 50% ruang terbuka hijau
    - Stasiun Commuter Line Tambun dan Akses Toll Jorr 2
    - 10 menit ke Stasiun Commuter Line Tambun
    - 5 menit ke Exit Toll Jorr 2
    - 30 menit ke Mall Summarecon Bekasi
    - Dekat dengan banyak Fasilitas Rumah Sakit dan Sekolah.


    Britania Bekasi Hunian gaya Eropa harga 200jutaan
    Harga cash keras Rp 298 juta
    bebas banjir
    Rumah full bata merah Double dinding telah sold 800 unit
    Terdapat kolam ,taman dan joging track Free Biaya BPHTB,AJB,IMB.Listrik dan subsidi KPR 12-24,5jta

    Hubungi untuk survey Lokasi
    Ayu 081318601317

    Dp 17 Jutaan
    Cicilan 3juta /bulan
    Dp bisa dicicil selama 6-12 x

    KPR available :
    BRI,BTB,BSI,BNI

    bekasi rasa eropa rumah 200jutaan paling laris Britania bekasi

    #rumahmewah #britaniabekasi #hargarumahbekasi #rumahmurahdibekasi #propertybekasi #hargapropertybekasi #jualrumahtangerang

    https://bsmpropertytangerang.blogspot.com/
    https://twitter.com/PropertyTng
    https://www.instagram.com/sewapropertymurah/
    https://www.facebook.com/Properti-tangerang-110156497801428
    https://www.youtube.com/watch?v=sr1QbOxkmfE

    ReplyDelete

 

Cari Artikel

Translate

My Twitter

Sumbangan Sukarela

Anda Pengunjung Ke:

free counters

Pesan & Kesan


GJ Lovers