© GJ INFORMATIONS. Powered by Blogger.

Pengertian Paket Switching dan Sirkuit Switching

Friday, March 21, 2014



Pada kesempatan kali ini saya akan jelaskan tentang pengertian Paket Switching dan Sirkuit Switching pada  jaringan komputer.

1. Packet Switching

Paket Switching adalah suatu metode pada jaringan komunikasi digital yang dikelompokkan menurut semua data yang ditransmisikan, terlepas dari kontenjenis, atau struktur kedalam blok yang sesuai dengan ukuran yang disebut paket.




Kelebihan Paket Switching:
  1. Jalur efisiensi yang lebih besar
  2. Konversi rate data
  3. Dapat menerima paket meskipun sedang sibuk
  4. Skala prioritas dapat digunakan
Teknik Switching:
  • Stasiun pemecah pesan yang panjang dalam bentuk paket
  • Mengirim segera paket ke jaringan
  • Paket dikemas dalam 2 cara
    1. Datagram (sebuah paket data yang mengandung alamat terminal atau komputer yang dituju dan bersifat bebas/terpisah dari paket lain yang berkaitan dengan transaksi yang sama)
    2. Sirkuit Virtual
      • Rute sudah direncanakan dahulu, sebelum paket-paket dikirim.
      • Koneksi dibangun antara permintaan dan penerimaan.
      • Setiap paket mempunyai identifikasi sirkuit virtual sebagai alamat tujuan.
      • Setiap paket dapat mencari jalur sendiri.

2. Circuit Switching

Sirkuit Switching adalah jaringan yang mengalokasikan sebuah sirkuit/kanal yang dedicated di antara nodes dan terminal untuk digunakan pengguna untuk berkomunikasi. Sirkuit yang dedicated tidak dapat digunakan oleh penelepon lain sampai sirkuit itu dilepaskan, dan koneksi baru bisa disusun. Bahkan jika tidak ada komunikasi berlangsung pada sebuah sirkuit yang dedicated, kanal tersebut tetap tidak dapat digunakan oleh pengguna lain. Kanal yang dapat dipakai untuk hubungan telepon baru disebut sebagai kanal yang idle.


Sistem telepon zaman dahulu merupakan contoh penggunaan circuit switching. Pelanggan meminta operator untuk menghubungkan mereka dengan pelanggan lain, yang mungkin berada pada yang sama, atau melalui sebuah inter-exchange link dan operator lain. Dimanapun posisi para pelanggan ini, tetap terbentuk sebuah koneksi antar telepon kedua pelanggan selama hubungan telepon berlangsung. Kawat tembaga yang sedang digunakan untuk koneksi ini tidak dapat digunakan untuk hubungan telepon lain, walaupun para pelanggan ini tidak sedang berbicara dan jalur ini dalam kondisi tidak digunakan (silent).


Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Sambungan_paket
               http://id.wikipedia.org/wiki/Circuit_switching

No comments:

Post a Comment

 

Cari Artikel

Translate

My Twitter

Sumbangan Sukarela

Anda Pengunjung Ke:

free counters

Pesan & Kesan


GJ Lovers